Psychology Test dan Bimbingan Konseling 2017

Pusat Bimbingan Konseling dan Karir

Psychology Test dan Bimbingan Konseling 2017

March 29, 2018 Bimbingan Konseling 0

Psikotes bagi alumni untuk pertamakalinya dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2017. Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengetahui kondisi psikolog atau karakter alumni juga sebagai upaya untuk mengetahui dan mengenali lebih jauh tentang jenis pekerjaan yang sesuai dengan hasil yang terungkap dari hasil tes tersebut.

Karena manfaat tes psikotes yang cukup luas, maka hampir seluruh perusahaan besar akan menerapkan pola dan teknik tes psikotes yang berbeda. Tes psikotes yang dilaksanakan pastinya akan disesuaikan dengan bidang kerja yang hendak di lakukan. Bidang kerja yang banyak menjadi target adalah bidang pendidikan, bidang penelitian, bidang industri, bidang militer, dan bidang yang lainnya.

Tes tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para alumni dalam hal;

  1. Lebih mempermudah untuk mengetahui kepribadian yang belum diketahui pada diri seseorang. Hal tersebut dikarenakan untuk mengetahui sebuah kepribadian dari seseorang akan sulit dilakukan baik pada saat wawancara ataupun kegiatan pengamatan yanglainnya. Dengan khusus melaksanakan tes psikotes, maka kepribadian seseorang akanlebih mudah diukur.
  2. Psychodynamic dari seseorang bisa lebih mudah untuk di ketahui, tentunya dengan menggunakan jenis soal tertentu pada pelaksanaan tes psikotes.
  3. Digunakan untuk mengetahui kondisi kejiwaan dari seseorang. Seseorang yang mengalami gangguan kejiwaan atau tidak akan dengan mudah diketahui dari proses pelaksanaan tes psikotes.